Desain Model Atap (Plafon) Rumah Minimalis Terbaru

Desain Model Atap (Plafon) Rumah Minimalis Terbaru

Dalam sebuah hunian, plafon memiliki peranan sangat penting. Plafon sendiri merupakan sebuah area yang ada di batas dinding dengan atap. Fungsi utamanya untuk menutup rangka atap, meredam panas dan suara. Untuk hunian yang lebih nyaman, hadirnya plafon tentu sangat penting. Selain menjalankan fungsi-fungsi tersebut, hadirnya sebuah plafon juga turut memperindah tampilan sebuah ruangan. Termasuk untuk tampilan ruangan minimalis. Model plafon pun saat ini sudah sangat banyak.

Masing-masing model bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan. Bahkan budget yang kita miliki pun mampu teralirkan secara efektif jika tepat dalam memilih model plafon. Setiap plafon memiliki keunggulan serta kelebihannya sendiri. jadi anda tinggal mengenali setiap model kemudian menyesuaikan dengan alokasi budget serta kondisi ruangan anda. Nah, jika saat ini anda sedang mencari desain model plafon untuk hunian minimalis, cobalah simak beberapa referensi desainnya berikut ini.

Desain Model Atap (Plafon) Rumah Minimalis

  1. Plafon Tipe Grid

Plafon satu ini terbentuk atas panel persegi yang terbuat dari cermin, logam, kaca hingga papan kayu. Pada panel-panel tersebut biasanya terpasang sumber pencahayaan utama. Misalnya lampu hias, atau lampu-lampu kecil. Model plafon ini cocok diaplikasikan untuk ruangan yang minim dekorasi serta berukuran luas.

  1. Plafon Tipe Busur

Bentuknya menyerupa busur sehingga nuansa rumah tampak lebih unik. Jenis plafon ini lebih cocok digunakan dalam ruangan yang memanjang. Misalnya lorong rumah, atau area tertentu lainnya. Efek ruangan yang lebih dramatis dan unik bisa kita saksikan. Material papan gypsum umumnya digunakan dalam membuat plafon satu ini. Lampu gantung dan tanam juga cocok dipadukan untuk plafon ini.

  1. Plafon Tipe Gantung

Material panel plafon gantung umumnya menggunakan papan gypsum. Biasanya bentuknya merupakan gabungan antara plafon baru dan lama. Rangka besi dan panel akustik berbobot ringan menjadi ciri khas lain papon ini. Ruangan pun tampak lebih artistik berkat bentuknya yang unik. Namun kekurangannya ruangan akan terasa lebih sempit karena bentuknya yang lebih rendah.

  1. Plafon Datar Transparan

Umumnya plafon transparan ini digunakan pada satu ruangan saja. Misalnya ruang tamu, dapur, kamar, dsb. Fungsi lainnya agar sinar matahari dapat terakses lebih maksimal. Kesan modern dan elegan pun terlihat dari model plafon ini. Tipe plafon ini terbuat dari lembaran kaca tebal tanpa aksesoris lainnya.

  1. Plafon Tipe Baki

Model plafon seperti ini memiliki bagian tengah yang dibuat terangkat. Bagian yang terangkat bisa digunakan sebagai area untuk lampu. Umumnya bentuk plafon ini adalah segi banyak atau polygon. Atau bisa disesuaikan dengan konsep ruangan masing-masing. Anda pun bisa memasang lampu pada tepian yang lebih tinggi sehingga bisa menciptakan pencahayaan yang seolah-olah tersembunyi.

Itu dia beberapa model atap atau plafon rumah minimalis yang bisa menambah inspirasi pembangunan hunian anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. *Wajib diisi