5 Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis

5 Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis

Menata ruang kamar tidur minimalis tentunya bisa menghadirkan nuansa lebih bersih dan lega khususnya bagi mereka yang memiliki ruangan istirahat berukuran kecil. Untuk kamar tidur utama, biasanya ukurannya akan jauh lebih besar daripada kamar tidur anak. Dan tentunya akan lebih mudah mengatur dekorasi di ruangan yang cukup luas. Berikut ini tips menata ruang kamar tidur minimalis yang nyaman untuk dipakai.

Tips Menata Kamar Tidur Minimalis

Dalam tata ruangan kamar tidur minimalis, ukuran ruangan yang luas bisa memudahkan Anda untuk meletakkan furniture seperti sofa atau tempat duduk. Tetapi, jangan sembarangan dalam memposisikan perabotan tersebut karena justru akan kelihatan tidak enak dipandang dan kurang nyaman.

  1. Pemilihan furniture

Untuk memilih furniture, pilihlah yang serasi dengan cat dinding dan lantainya. Pada kamar tidur utama, Anda bisa menambahkan satu sofa yang nyaman sebagai tempat duduk. Letakkanlah merapat pada dinding agar ruangan terasa luas. Untuk tempat tidurnya sendiri, pilihlah yang berukuran king size atau queen size. Sedangkan di bagian samping, coba letakkan side table tempat Anda bisa menaruh lampu meja. Usahakan juga jangan sampai tempat tidur langsung terlihat ketika kita membuka pintu. Apalagi sampai diletakkan tepat di dekat pintu.

  1. Jendela

Agar kamar tidur terasa lebih nyaman, buatlah desain jendela yang cukup besar dan berada di seberang atau disamping tempat tidur. Hal ini bisa memberikan sumber pencahayaan yang baik sekaligus menjadi kesegaran tersendiri. Jendela yang besar bisa diberi sebuah gorden minimalis bewarna lembut atau “windows blinds” yang memiliki material ringan dan kelihatan elegan.

  1. Tempat tidur lesehan

Ada pula penghuni rumah yang lebih memilih tempat tidur lesehan dimana kasurnya langsung ditaruh di lantai. Ide ini pun bisa juga Anda terapkan bagi ruangan tidur. Tidak ada bedanya menata tempat tidur lesehan dengan tempat tidur biasa. Hanya saja Anda juga harus memperhatikan ukuran kamar tidur agar tidak kelihatan sesak dengan kehadiran tempat tidur lesehan.

Untuk tata ruang kamar tidur minimalis kecil, jika ingin menempatkan tempat tidur model ini, ada baiknya berikan cermin hias panjang. Letakkan cermin tepat di depan tempat tidur dan merapat pada dinding. Ini bermanfaat agar membantu memberikan ilusi ruangan lebih luas.

  1. Lemari dan meja

Pilihlah desain lemari serta meja yang serasi dengan tempat tidurnya. Anda bisa memposisikan lemari di salah satu dinding seberang tempat tidur. Sedangkan untuk mejanya coba letakkan di samping tempat tidur untuk memberikan kesan praktis.

  1. Aksesoris kamar

Untuk memberikan kesegaran tersendiri, Anda bisa memberikan beberapa aksesoris atau hiasan di dalam kamar. Tidak perlu banyak-banyak, cukup satu sampai dua saja. Misal dengan memasang sebuah gambar berbingkai atau lukisan di atas papan tempat tidur. Bisa juga dengan menambahkan pot tanaman hias di dekat jendela. Alternatif lainnya, dengan penempatan vas bunga cantik di meja samping.

Pemilihan Warna Cat Kamar Tidur Minimalis

Efek visual dari sebuah warna dapat mengalirkan energi positif kepada kita. Ada warna yang memberi kesan lebih ceria, menenangkan ataupun kesan romantis. Beberapa warna di percaya dapat memberi kesan romantis pada ruangan. Salah satunya adalah warna ungu, pink, merah marun ataupun lavender.

Selain mengandalkan warna pada dinding, mendesain atau mendekorasi juga menjadi hal yang tidak boleh di kesampingkan. Contohnya pemberian tirai, penataan cahaya ataupun penambahan elemen lainnya seperti lilin dan wewangian. Ini akan membuat suasana kamar tidur anda lebih romantis. Penasaran bukan? seperti apa contoh yang akan kami sajikan mengenai warna cat kamar tidur minimalis ini. Baiklah langsung saja kita lihat contohnya seperti di bawah ini.

Pada contoh pertama kita akan melihat contoh pemilihan warna merah marun. Dalam contoh di atas penempatan warna tersebut tidak hanya pada bagian dinding saja. Namun di optimalkan dengan penggunaan warna sprei dan bed cover pada tempat tidur. Cahaya yang redup juga menambah kesan romantis pada kamar tidur.

Warna ungu yang di padukan dengan warna putih akan menambah kesan elegan dan romantis. Penambahan aksesoris seperti bunga akan menambah kesan romantis yang lebih kental.

Selanjutnya adalah contoh bagi Anda yang ingin menambah kesan dirly dan juga romantis. Maka tidak ada salahnya jika anda mencoba memilih warna pink untuk kamar tidur anda.

Contoh yang terakhir adalah penggunaan warna lavender. Dari contoh di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa kamar tidur di atas mengadopsi kesan klasik yang romantis. Bagaimana, berminat menerapkan pada kamar tidur Anda?

Itulah beberapa tips menata ruang kamar tidur minimalis yang bisa Anda coba. Selanjutnya kami tawarkan inspirasi desain yang mungkin bermanfaat untuk menambah refernsi desain kamar Anda.

Inspirasi Kamar Tidur Minimalis

Setelah Anda bisa menata ruang tidur, Anda tentu bisa segera mengaplikasikan pada kamar Anda. Berikut ini kami berikan inspirasi desain kamar tidur untuk berbagai kebutuhan kamar tidur di rumah Anda.

Kamar Tidur Anak Minimalis

Kamar anak pada dasarnya hanya membutuhkan suasana yang segar dan ceria, Anda dapat memberikan warna cerah pada sisi dinding kamar. Selain itu yang tidak kalah penting yaitu jendela sebagai sarana untuk sirkulasi udara. Desain ini kami rekomendasikan untuk ruang kamar tidur anak Anda :

Desain Kamar anak dengan jendela yang besar memiliki kelebihan tersendiri. Hal ini dikarenakan anak-anak yang memiliki kebiasaan beraktifitas secara fisik dapat membuat anak terus berkeringat dan lembab. Untuk itu dengan jendela yang relatif besar dapat mengurangi kelembapan udara pada kamar anak. Selain itu ruangan akan menjadi lebih terang dan tidak terasa sumpek.

Selengkapnya : Panduan Komplit Dalam Mendesain Kamar Tidur Anak

Kamar Tidur Bayi Minimalis

Untuk Anda yang masih memiliki bayi atau dalam persiapan memiliki buah hati, segera persiapkan kamar tidur untuk si bayi Anda. Dalam mendesain kamar bayi, utamakan desain yang simpel dan cukup pencahayaan. Hal ini dikarenakan bayi yang baru lahir sangat membutuhkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup.

Banyak para orang tua yang mendesain kamar bayi terlalu berlebihan. Seperti pemasangan aksesoris yang terlalu banyak, warna dinding terlalu gelap dan kurangnya sirkulasi udara. Sebaiknya mulailah mendesain kamar bayi secara sederhana. Dimulai dari pemilihan warna dinding yang cerah, model perabot yang minimalis, dan aksesoris yang simpel. Hal ini akan membuat kamar bayi menjadi bersih, cerah dan sehat.

Kamar Tidur Tamu Minimalis

Desain kamar tidur untuk tamu sebaiknya dibuat sesimpel mungkin, hal ini dikarenakan kamar tamu tidak begitu sering digunakan. Hal ini memberikan kemudahan dalam perawatan dan membersihkan kamar.

Pencahayaan yang bagus akan menambah nilai lebih pada desain bertemakan minimalis.

Jendela dengan ukuran besar dapat menghemat penggunaan cahaya lampu pada siang hari.

Ada baiknya kamar tamu menggunakan sprei dan bedcover polos dengan warna cerah, ini mencerminkan ruang kamar yang bersih dan sehat.

 

Sekian tips dan inspirasi menata ruang kamar tidur minimalis dari kami, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. *Wajib diisi