4 Prinsip Penataan Meja Makan Secara Kontinental

4 Prinsip Penataan Meja Makan Secara Kontinental

Anda sedang mencari informasi mengenai penataan meja makan secara kontinental? Sebelum berangkat ke sana marilah kita mencari tahu apa yang dimaksud dengan penataan meja terlebih dahulu serta bagaimana cara kita menata meja beserta semua perlengkapannya. Mengapa dinamakan kontinental? Karena konsep penataan meja makan ini menginduk kepada negara-negara kontinental, misalnya saja Eropa.

Cara Penataan Meja Makan Secara Kontinental

Ada 4 prinsip utama yang harus diperhatikan ketika Anda akan mengaplikasikan penataan meja makan secara kontinental. Prinsip tersebut mencakup tata cara penataan, waktu dan jenis acara yang tepat serta perbandingan dengan penataan meja makan cara lainnya.

Prinsip Pertama

Dengan menggunakan penataan meja ini, Anda harus memahami betul mengenai prinsip-prinsip penataan meja makan secara kontinental. Apa saja yang harus diperhatikan? Anda meletakkan perlengkapan 1 inci dari tepian meja berjajar satu sama lain. Perlengkapan yang terletak paling terluar adalah garpu salad, sendok sup, disusul dengan garpu makan, kemudian pisau makan.

Karena bagian pemotong pisau dapat membahayakan, maka harus dihadapkan ke piring serta jauh dair peralatan yang lainnya. Anda harus meletakkan gelas dengan jarak 1 inci dari pisau dengan urutan anggur putih, lalu anggur merah, baru kemudian anggur penutup dan yang terakhir adalah air putih.

Prinsip Kedua

Anda biasanya melakukan prinsip ini untuk jamuan formal. Pada dasarnya jamuan formal disajikan dari dapur. Pada saat makanan disajikan, Anda harus mempersiapkan piring, gulungan, clemek, serta peralatan memotong, sendok jika diperlukan di kanan sementara garpu di sebelah kiri.

Untuk penyediaan kopi dilakukan dengan butler service pada demitasse, serta perlu menaruh sendok di piring kecil di kanan pegangan cangkir. Pada dasarnya piring serta perlengkapan lainnya tidak diletakkan pada meja jamuan formal. Namun terdapat pengecualian dalam menata meja makan secara kontinental di Spanyol, dimana perlengkapan terletak di sebelah kanan.

Untuk jamuan yang tidak begitu formal maka Anda tidak perlu menyajikan dari dapur. Tak hanya itu saja, garpu, sendok penutup diatur di atas piring, garpu diletakkan dengan mengarah ke kanan agar dapat mengikuti garpu yang lain, sementara untuk sendok disusun mengarah ke kiri.

Di Eropa sendiri, apabila menyajikan berbagai macam menu, maka meja hanya untuk sup, ikan, serta daging. Sementara sendok maupun garpu puding serta pisau, garpu akan diletakkan pada meja bila hanya diperlukan.

Prinsip Ketiga

Prinsip yang ketiga ini diperlukan apabila Anda ingin cara menata meja makan secara kontinental pada acara informal. Untuk jamuan informal, Anda menggunakan sedikit perlengkapan serta piring diletakkan di atas meja. Adakalanya cangkir serta piring akan diletakkan pada sisi kanan sendok berjarak kurang lebih 4 inci dari tepian meja.

Pada umumnya, untuk pengaturan formal, maka clemek maupun perlangkapan memotong akan digabung bersama pada satu kumpulan kecil dengan gulung celemek. Namun, gulung celemek jarang digunakan di Italia, Meksiko, Spanyol, maupun Britania Raya.

Prinsip Keempat

Prinsip ke empat ini apabila ingin penataan meja makan secara kontinental untuk Jamuan keluarga. Apabila Anda membandingkannya dengan jamuan formal, maka pada jamuan keluarga ini akan tampak memiliki sedikit perlengkapan. Mengenai celemek akan diletakkan di atas piring. Sementara 1 garpu, sendok maupun pisau ada di sisi kiri piring dan pisau serta sendok teh akan diletakkan di sebelah kanan.

Perlengkapan meja pada jamuan keluarga antara lain untuk di Cina akan ada piring salad, piring mentega serta piring makan. Sementara perlengkapan perak yang perlu disiapkan antara lain pisau makan, sendok teh, garpu makan, serta pisau mentega. Untuk perlengkapan kristal maka akan ada gelas besar air mineral

Demikian ulasan mengenai 4 prinsip utama penataan meja makan secara kontinental yang perlu Anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. *Wajib diisi