Cara Membangun Rumah Minimalis Ala Jepang

Cara Membangun Rumah Minimalis Ala Jepang

Dekorasi interior rumah minimalis ala Jepang telah menjadi trend desain dan dekorasi rumah saat ini baik di Indonesia maupun dunia, maka tidak heran sekarang banyak orang ingin mendesain rumah dengan konsep rumah minimalis ala jepang. Lalu konsep dan ide apa saja yang bisa Anda tambahkan ketika akan membangun rumah minimalis ala jepang? Komponen apa saja yang dapat membuat rumah bernuasa seperti rumah jepang?

Konsep Desain Rumah Minimalis Ala Jepang

Meskipun dikenal di dunia sudah sejak lama, gaya dekorasi rumah ala Jepang tidak diterima secara luas pada jaman dahulu di Indonesia. Desain rumah ala Jepang mewakili konsep desain rumah minimalis dan menetapkan prinsip-prinsip untuk menciptakan interior ala jepang atau lebih dekenal dengan gaya “zen”.

Kuncinya, konsep desain interior ala Jepang dikenal sebagai “Ma”. Konsep ini bertujuan menyeimbangkan antara ruang yang tersedia yang dapat digunakan di satu sisi, perabotan dan benda-benda lain, di sisi lainnya

Ma digunakan untuk menjaga agar ruang-ruang tetap bersih dan rapi, sehingga dapat membantu menciptakan rumah yang istimewa dan tenang bagi penghuni dan pengunjung, yang merupakan prinsip-prinsip utama interior ala Jepang.

Pandangan Singkat Tentang Desain Rumah Minimalis Ala Jepang

Kamar-kamar bergaya Jepang menciptakan kesan kesederhanaan yang damai pada setiap ruangan, desain ruangan yang sederhana merupakan budaya dari Jepang yang diterapkan dalam dekorasi dan desain rumah.

Rumah bergaya Jepang adalah hasil dari arsitektur Jepang ribuan tahun yang lalu dan desain interior yang menghasilkan gaya hidup yang bersih dan rapi. Dekorasi rumah minimalis ala Jepang mencakup keseimbangan, ketertiban, adat istiadat kuno dan cinta akan keindahan alam. Interior rumah ala Jepang modern dapat digunakan pada rumah Anda dan kehidupan sehari-hari.

Bagaimanapun, kita semua pasti menginginkan kedamaian dan keharmonisan di rumah dan kehidupan kita. Maka desain rumah minimalis ala jepang sangat cocok untuk Anda terapkan ketika ingin membangun rumah, apalagi sekarang konsep desain rumah ala jepang tidaklah terlihat kuno, ada banyak contoh desain rumah ala jepang tapi terlihat sangat modern tapi masih bernuansa jepang. Berikut ini adalah prinsip yang harus Anda terapkan ketika ingin mendesain rumah ala jepang.

Referensi lain :

Rumah Minimalis Dengan Nuansa Batu Alam

Contoh Desain Interior Rumah Yang Elegan

Cara Membangun Rumah Minimalis Ala Jepang

Tambahkan Unsur Alam

Budaya Jepang sangat menghargai keindahan alam. Cara terbaik untuk mempertahankan hubungan diri dengan alam adalah dengan membawa nuansa alami ke dalam rumah. Menambahkan tanaman tradisional Jepang, seperti bonsai dan bambu dapat membantu mencapai nuansa ruangan ala Jepang. Selain itu terkadang pada konsep desain minimalis ala jepang modern, mereka juga menambahkan unsur alam seperti adanya kolam ikan di depan rumah, di dalam rumah ataupun pada halaman belakang rumah.

Anda juga dapat menggunakan tanaman hijau lainnya untuk mendapatkan efek yang sama. Namun, tanaman berbunga tidak khas di ruang gaya Jepang.

Menambah Bak Mandi

Bak mandi untuk berendam ala jepang adalah sebuah bak kecil yang biasanya memiliki bangku bangku kecil. Elemen air sangat penting untuk desain interior dan desain rumah ala Jepang. Suara air seperti suara dari air mancur kecil dalam ruangan untuk membantu kita bermeditasi dan membantu menenangkan diri dari stres.

Pintu dan Pembatas Ruangan Yang Dapat Digeser

Karena mahalnya biaya membangun rumah saat ini. Desain pintu dan pembatas ruangan yang digeser ala jepang sangat bermanfaat dalam interior rumah. Selain dapat menghemat biaya, desain ini juga dapat menghemat ruang.

Unsur Kayu dan Bambu

Budaya Jepang dikenal untuk penggunaan kayu di seluruh rumah mereka. Banyak barang seperti dinding, pintu, jendela, dan bingkai biasanya terbuat dari kayu. Jika Anda ingin memasukkan kayu ke dalam dekorasi rumah Anda, Bambu adalah pilihan tepat untuk Anda selain memilki kesan alami juga memiliki harga yang terjangkau.

Pintu Bergaya Jepang

Di Jepang terdapat pintu masuk yang disebut genkan. Ruang masuk ini adalah area di mana pengunjung atau tamu disambut. Itu juga tempat dimana sepatu harus dilepas, dan sandal dalam ruangan dikenakan. Akan sangat menarik untuk mencoba menambahkan ruang seperti ini ketika Anda merencanakan membangun rumah bergaya Jepang.

Dekorasi Khas Jepang

Penambahan terbesar untuk sebagian besar dekorasi rumah ala Jepang adalah shoji atau beberapa versi lainnya. Gambar-gambar di atas memberikan beberapa gagasan tentang gaya jepang yang digunakan dalam desain ruangan. Tirai dapat digunakan untuk memisahkan ruang pribadi atau untuk menyembunyikan suatu area, seperti kamar tidur ala Jepang.

Warna

Jika mencoba untuk membangun rumah minimalis ala jepang, Anda harus memilih warna desain rumah dengan warna netral. Perhatikan warna-warna alam dan pilih warna yang lembut dan kalem. Cokelat, hijau lumut, dan hitam semuanya sempurna untuk diterapkan pada dinding ruangan. Jadi Anda harus pintar-pintar mengkombinasikan warna yang serasi dengan nuansa alami yang ada pada desain rumah bergaya jepang. Jangan Anda campurkan dengan warna yang sangat kontras yang membuat kesan rumah tidak alami.

Penerangan

Penerangan

Saran terbaik yang dapat kami berikan saat Anda membangun rumah minimalis ala jepang, Anda harus mencoba dan menggunakan tingkat cahaya rendah hingga menengah. Cahaya yang terang bisa diterapkan di ruang keluarga atau ruang tamu, karena cahaya yang terang tidak memungkinkan untuk relaksasi. Tingkat pencahayaan yang lebih rendah adalah jenis pencahayaan yang identik dengan desain rumah ala Jepang.

Anda harus menerapkan pencahayaan yang rendah saat menerapkan desain rumah minimalis ala Jepang. Jenis pencahayaan lembut ini dapat membantu menciptakan suasana lembut dan menenangkan di rumah Anda dan juga dapat memperindah desain furnitur yang terdapat di dalam ruangan.

Lantai

Di Indonesia, pilihan terbaik yang tersedia untuk lantai rumah ala jepang menggunakan kayu atau bambu. Orang Jepang menggunakan tikar tatami. Jika Anda ingin merasakan interior rumah tradisional Jepang, Anda dapat menggunakan kayu atau bambu untuk dijadikan lantai rumah.

Desain Interior Gaya Jepang

Dengan memilih desain rumah minimalis ala Jepang, Anda tidak harus menerapkan konsep desain rumah ala jepang yang terlihat kuno. Anda dapat mendesain dengan gaya dekorasi interior Jepang dengan menggabungkan desain modern minimalis, sehingga dengan kesan alami ala jepang, Anda juga tetap bisa merasakan nuansa modern dan minimalis dalam rumah Anda.

Cukup menambahkan elemen kayu alami, tanaman hijau, pencahayaan alami yang lembut, beberapa perabotan modern, elemen air, bak perendaman, lantai kayu, tirai untuk pembatas ruangan, Anda sudah dapat menerapkan membangun rumah minimalis ala jepang.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Cara membangun rumah minimalis ala jepang, semoga dengan mengetahui unsur utama apa saja yang bisa Anda tembahakan di dalam rumah Anda, sehingga rumah Anda akan memiliki nuansa seperti rumah di jepang.  Jika Anda ingin mengetahui ide atau konsep desain lain, kami juga telah membagikan banyak contoh desain rumah yang unik dan menarik selain desain rumah minimalis ala Jepang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. *Wajib diisi