Panduan Praktis Membuat Taman Depan Rumah Minimalis

Panduan Praktis Membuat Taman Depan Rumah Minimalis

Rumah memang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Bahkan rumah menjadi salah satu dari tiga kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Hal tersebut dikarenakan rumah merupakan sebuah bangunan yang memiliki fungsi sebagai tempat tinggal. Oleh karena itulah maka sebuah rumah haruslah mampu memberikan rasa nyaman kepada seluruh anggota keluarga yang menjadi penghuni rumah tersebut. Sehingga mereka merasa betah tinggal di dalamnya.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat suatu rumah menjadi lebih nyaman untuk dihuni. Salah satunya adalah membuat taman yang cantik. Apabila Anda masih memiliki sisa lahan kosong di bagian depan rumah, maka Anda bisa menyulapnya untuk dijadikan sebagai taman yang cantik. Keberadaan taman di depan rumah akan membuat suasana rumah menjadi lebih asri, selain itu adanya taman juga akan membuat tampilan rumah Anda kian menarik, berikut ini akan kami ulas desain taman rumah minimalis yang ada di depan rumah.

Berikut panduan agar Anda dapat mempersiapkan dan membuat taman dengan memanfaatkan lahan yang tersedia di depan rumah.

  1. Persiapkan Area Taman Rumah Yang Tersedia

Point penting pertama dalam membuat taman rumah adalah Anda harus memperhatikan luas lahan area rumah. Jika lahan rumah anda terbatas segera buat yang sederhana, namun tetap menyuguhkan kesan asri. Namun apabila lahan rumah anda cukup lebar, cobalah membuat taman yang bisa digunakan juga untuk bermain anak-anak. Pastikan taman rumah tersebut bebas dari polusi kendaraan dengan banyaknya tumbuhan hijau di sekeliling. Tak hanya itu, di bagian tanah bisa diganti dengan rerumputan jepang agar semakin indah.

  1. Pemilihan Tema Taman Rumah

Untuk membuat sebuah tema dekorasi taman rumah, ada beberapa ide menarik yang dapat Anda terapkan. Sehingga taman bukan hanya sekadar area hijau untuk tempat tumbuhan tumbuh dengan baik. Melainkan juga bisa memberikan nilai estetika yang baik di bagian depan rumah. Sehingga jadi nilai tambah bagi rumah minimalis dengan kealamiannya.

Ide yang pertama untuk dekorasi taman rumah minimalis ini adalah membuat taman miniatur. Taman miniatur ini artinya sebuah area hijau yang ada pada bagian depan rumah. Taman miniatur sebagai area mini dengan berbagai jenis tanaman yang mampu menggambarkan sebuah area hijau yang indah dan cantik. Bila Anda telah terinspirasi dari taman kota, maka Anda juga dapat membuat sebuah taman kota minimalis dengan tampilan yang tidak kalah indahnya dengan taman kota.

Ide yang kedua pada dekorasi taman rumah minimalis adalah taman yang tidak selalu berwarna hijau. Ini artinya adalah model atau desain taman rumah yang dapat menggunakan ide lainnya, yakni membuat kolam kecil, yang mana tidak banyak memakai tanaman hijau, melainkan hanya memaksimalkan fungsi air dan juga energi listrik di dalamnya.

  1. Pemilihan Jenis Tanaman

Beberapa tanaman cantik dapat Anda pilih seperti pohon bonsai yang berukuran kecil, bunga yang beraneka warna, serta rumput yang nantinya akan memenuhi area tanah pada taman depan rumah Anda. Sebenarnya Anda bebas untuk memilih berbagai jenis tanaman untuk ditanam. Mulai dari bunga, tanaman hias, tanaman sayur, bahkan tanaman buah jika lahan Anda cukup luas. Tetapi tentu saja hendaknya Anda harus menyesuaikan jenis tanaman dengan luas taman yang ada di depan rumah.

Tidak lengkap rasanya sebuah taman jika tidak dilengkapi dengan rumput sebagai alasnya. Ya, rumput memang sangat sesuai untuk dijadikan sebagai alas yang alami dari sebuah taman. Rumput sendiri memiliki jenis yang sangat beragam. Dari banyaknya jenis rumput yang tersedia, alangkah baiknya jika Anda memilih jenis rumput yang paling mudah perawatannya. Sehingga Anda tidak perlu repot.

Jenis Rumput Yang Biasa Digunakan Taman Rumah

Rumput Jepang

Contoh Rumput Jepang

Rumput Gajah

Contoh Rumput Gajah

Rumput Peking

Contoh Rumput Peking

Rumput Swiss

Contoh Rumput Swiss

Rumput Golf

Contoh Rumput Golf
  1. Aksesoris Taman Rumah

Tidak lengkap rasanya bila sebuah taman tanpa aksesoris tambahan. Aksesoris taman yang dimaksud adalah penambahan kolam ikan, air terjun mini, lampu taman, dan lain sebagainya. Secara umum, masyarakat kita sangat menyukai penambahan kolam ikan kecil. Namun Anda juga bisa membuat sebuah air terjun kecil atau pun air mancur kecil yang diaplikasikan dengan konsep natural. Seperti pada penggunaan kayu sebagai tempat air mengguyur atau pun dengan penggunaan bebatuan. Dimana airnya nanti  akan tampak lebih jernih dan juga minimalis.

Desain Kolam Ikan :

Agar taman yang ada di depan rumah memiliki tampilan yang lebih menarik, Anda bisa membuat sebuah kolam ikan berukuran mini. Anda bisa mendesain kolam ikan di bagian tengah maupun di pinggir taman. Keberadaan kolam ikan tentu saja akan membuat suasana taman menjadi lebih hidup dengan adanya ikan yang berenang di kolam.

Desain Air Terjun Mini :

Menambahkan air terjun mini pada taman rumah Anda dapat memberikan efek natural dan suasana menjadi lebih terasa tenang. Hal ini dikarenakan suara gemercik air secara terus menerus yang membuat pikiran kita serasa berada di pegunungan yang masih asri.

Lokasi terbaik Air terjun adalah pada pusat pandangan kita terhadap taman, hal ini menjadikan air terjun menjadi pusat perhatian kita.

Desain Lampu Taman :

Lampu taman pada dasarnya memberikan manfaat pencahayaan saat malam hari. Namun pemilihan lampu taman yang tepat dapat memberikan estetika tersendiri meskipun saat siang hari. Yang perlu diperhatikan dalam memilih lampu taman adalah bentuk lampu dan penempatannya.

Pemilihan lampu taman sebaiknya menyesuaikan dengan tema taman yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini agar kehadiran lampu taman selaras dengan konsep taman yang dikehendaki.

Selain bentuk lampu taman, penempatan lampu taman juga sangat penting. Usahakan dalam penempatan lampu taman jangan menghalangi pandangan kita saat menikmati keindahan taman rumah. Selain itu dalam penempatan lampu taman juga memperhatikan efek pencahayaan yang terbaik. Jangan memaksakan letak lampu taman pada posisi yang terlalu jauh dari pusat taman, karena akan menyebabkan pencahayaan menjadi redup.

Demikian panduan dalam membuat taman rumah minimalis, semoga dapat menambah inspirasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. *Wajib diisi