Beberapa Tips Dekorasi Rumah Bertema Minimalis Sederhana Terbaik

Beberapa Tips Dekorasi Rumah Bertema Minimalis Sederhana Terbaik

Tips Dekorasi Rumah Bertema Minimalis Sederhana Terbaik – Dekorasi rumah baik interior maupun eksterior amatlah penting bagi hunian Anda karena itulah yang menjadi elemen penting untuk kenyamanan keluarga. Rumah yang tidak didekorasi dengan baik atau bahkan berantakan bisa menyebabkan penghuni tidak betah dan percaya atau tidak, rupanya dekorasi rumah juga berpengaruh pada kesehatan Anda, contohnya pengaturan tempat sampah, dan sebagainya.

Salah satu dekorasi rumah yang amat populer di kalangan masyarakat adalah yang bertema minimalis sederhana. Anda bisa melihat dekorasi semacam ini pada banyak lingkungan perumahan yang dibangun. Bisa dikatakan rumah minimalis yang simpel tapi kelihatan bersih dan nyaman membuatnya menjadi tren tersendiri.

Berikut kami akan sajikan beberapa tips penting dalam mendekorasi rumah minimalis, dekorasi rumah sederhana tapi nampak mewah, dan yang terakhir cara mendekorasi rumah ukuran tipe 36.

 

Dekorasi Rumah Minimalis Agar Tampak Lapang Dan Nyaman

Dekorasi rumah minimalis bisa dilakukan gampang-gampang susah, jika Anda tertarik untuk mendekorasi ruangan interior Anda dengan tren ini, maka ada beberapa prinsip rumah minimalis yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Rincian/Detail Rumah

Saat mendekorasi rumah bertema minimalis, perhatikan betul rincian atau detail rumah tersebut seperti warna, pola, dan tekstur. Lebih baik memilih warna-warna yang lembut serta tekstur yang tak berlebihan akan memberikan kesan lebih luas di dalam rumah.

  1. Kualitas Rumah

Lebih baik memperhatikan kualitas daripada kuantitas dari sebuah desain rumah khususnya dalam hal pemilihan perabot atau furniture serta ornamen.

  1. Pencahayaan

Pastikan pencahayaan di dalam rumah cukup, pada siang hari maksimalkan sinar matahari yang masuk sedangkan di malam hari memakai pencahayaan dari lampu dengan desain yang unik namun tetap sederhana.

  1. Keseimbangan

Untuk membuat ruangan dalam rumah menjadi seimbang, gunakanlah titik fokus yang benar seperti meja makan pada ruang makan serta sofa pada ruang tamu.

  1. Area Penyimpanan

Dekorasi rumah minimalis harus didukung dengan ruangan yang bersih dan rapi alias tidak banyak barang-barang berantakan. Oleh karena itu manfaatkan area penyimpanan seperti rak tersembunyi, lemari di bawah tangga, penyimpanan di bawah kursi/meja, dan sebagainya.

  1. Personalisasi Kamar

Saat mendekorasi kamar tidur sisipkan memorabilia unik Anda sehingga akan membuat kamar menjadi lebih berkesan.

Itulah beberapa prinsip ketika ingin mendekorasi sebuah rumah bertema minimalis. Lalu di bawah ini tips dekorasi rumah minimalis:

  1. Warna Cat Dinding

Tidak perlu memakai warna cat dinding berbeda yang banyak dan berlebihan karena justru akan membuat ruangan tampak sumpek. Pilih saja satu sampai dua warna-warna netral seperti putih (amat populer) dan krem atau perpaduan warna netral dengan warna menonjol. Jika ukuran ruangan kecil dan sempit, pilihlah warna-warna cerah.

  1. Lantai

Cocokkan warna lantai dengan cat dindingnya, contohnya jika Anda memilih warna dinding biru terang yang lembut, warna lantai putih atau biru agak tua. Bisa juga Anda memasang karpet seperti di ruang tamu dengan warna yang sesuai dengan cat dindingnya.

  1. Jendela Dan Gorden

Jendela yang besar dapat mendukung pencahayaan alami di siang hari dan membuat ruangan nampak lapang, apalagi di bagian dapur. Jika ingin memasang gorden, sebaiknya pilih yang berpola sederhana dengan warna-warna lembut dan sesuai tema ruangan.

  1. Furniture

Tidak perlu meletakkan furniture terlalu banyak, cocokkan dengan ukuran ruangan. Kalau bisa beli furniture mutltifungsi yang juga bisa dipakais sebagai tempat penyimpanan agar tidak banyak barang berceceran di lantai.

  1. Hiasan Dinding

Aksesoris di dalam rumah perlu untuk membuat dekorasi rumah lebih berwarna. Karya seni unik, foto keluarga, poster, cermin hias, lukisan, dan sebagainya adalah hiasan pada dinding yang bisa Anda pasang.

  1. Eksterior

Jika rumah Anda memiliki teras di bagian depan maka bisa diletakkan 3 atau 4 jenis tanaman dengan warna daun dan bunga yang serasi. Jangan lupa pasanglah lampu taman yang bagus untuk memberi penerangan pada malam hari. Jika Anda memiliki halaman belakang rumah, bisa didekorasi dengan kolam kecil.

Itulah beberapa tips dekorasi rumah minimalis sederhana yang bisa dicoba saat ingin mendekorasi rumah.

 

Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Mewah

Sebetulnya tak perlu berpikir terlalu rumit dalam dekorasi rumah sederhana tapi mewah dan elegan. Berikut ini tips simpel yang bisa dicoba:

  1. Buket Bunga di Dalam Vas Dan Buah-buahan

Letakkan sebuah buket bunga yang cantik di dalam vas lalu taruh entah di atas meja, piano, meja kopi, rak, kamar tidur, kamar mandi, dsb. Vas bunga akan selalu cocok dipajang dimana saja, misalnya buket bunga anggrek atau tulip. Selain itu, sama seperti buket bunga, Anda juga bisa meletakkan hiasan buah-buahan.

  1. Pasang Wallpaper

Wallpaper dengan pola anggun bisa ditempelkan di dinding, tapi tak perlu semua dinding ditempeli wallpaper, cukup sebagian saja misalnya di ruang tamu atau kamar tidur.

  1. Furniture Gaya Victorian

Agar nampak mewah, pilihlah beberapa furniture bergaya Victorian karena item rumah seperti ini akan memberikan kesan elegan atau tempat tidur berkanopi. Tapi jika ukuran ruang kecil dan sempit, cukup pilih furnitur sederhana seperti meja kursi unik yang pas.

  1. Dinding

Agar dekorasi rumah sederhana tapi mewah memiliki kesan futuristik, bisa dipasang hiasan dinding seperti lukisan, foto keluarga dengan bingkai cantik, maupun karya seni lainnya.

Demikian dekorasi rumah yang sederhana tapi tetap berkesan mewah, bisa dicoba dalam interior ruangan Anda.

 

Dekorasi Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 memang tidak terlalu besar dalam hal ukuran, tapi tetap bisa diakali agar nampak lebih luas, caranya yaitu dengan dekorasi rumah tipe 36 seperti di bawah ini:

  1. Divider

Divider yang dimaksud di sini adalah pembagian ruangan, jika rumah hanya memiliki satu ruang utama maka sebaiknya dibagi menjadi beberapa bagian memakai partisi atau divider sehingga dapat memaksimalkan fungsinya.

  1. Konsep Ruang Terbuka

Konsep ini bisa dilakukan pada ruangan dapur dengan ruang makan yang tidak memiliki banyak tempat. Anda bisa membaginya dengan karpet yang diletakkan pada ruangan makan yang menyatu dengan dapur di sampingnya.

  1. Furnitur Multiguna

Seperti tips sebelumnya, pasanglah furnitur multiguna yang bisa dipakai juga sebagai tempat penyimpanan tambahan agar rumah lebih rapi dan tidak sumpek.

  1. Tempat Tidur Tingkat

Pada kamar tidur anak, jika ukurannya kecil maka lebih baik memakai tempat tidur bunk bed, jadi Anda masih bisa meletakkan lemari serta meja tulis di dalamnya karena tempat tidur bertingkat tak makan banyak tempat. Akan lebih baik lagi tempat tidur tingkat dengan tempat penyimpanan tambahan.

  1. Taruh Pot Tanaman

Agar dekorasi rumah tipe 36 berkesan segar, bisa diletakkan beberapa pot tanaman, misalnya pot ukuran sedang di lantai atau pot-pot kecil di jendela.

Intinya dekorasi rumah bertipe 36 tidak perlu ribet karena tidak banyak barang yang perlu dibeli. Untuk tipe rumah seperti ini juga akan lebih baik memakai tema minimalis sederhana yang bersih dan rapi. Pastikan saja bagian ruang utama yang terbatas menjadi ruang multifungsi atau ruangan berkonsep terbuka. Demikian tips dekorasi rumah yang bisa Anda coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. *Wajib diisi